IT Deployment Team

Selasa, 09 April 2013

MEMBUAT FILE MASTER IMAGE DENGAN GHOST


Seperti yang telah saya jelaskna pada postingan terdahulu tentang fungsi northon ghost, yaitu diantaranya untuk melakukan backup atau restorasi dari hardisk ke hardisk atau media lain, oke kita ilustrasikan saja supaya lebih jelas memahaminya.


Ada sebuah PC dengan OS WINDOWS XP komplit dengan aplikasi dan drivernya, nah suatu ketika OS tersebut terkena virus dan harus diinstal ulang menggunakan cd OS yang membutuhkan waktu yang sangat lama, jika kita membuat backupan atau salinan system kita maka hal tersebut tidak perlu dilakukan(menginstal OS dengan CD), kita hanya perlu merestore file ghost hasil bakupan yang telah dibuat ke hardisk dan tidak usah menginstalkan aplikasi atau drivernya lagi, jadi sebelum terkena virus harus dibuat salinannya dulu alias setelah anda menginstal OS via CD beserta aplikasi dan drivernya, anda langsung membuat file image ghostnya.


Nah gimana sekarang jika file ghost tadi diinstalkan ke PC lain ? bisa atau tidak ? tentu saja bisa atau bisa tidak, Bisa !! jika spesifikasi computer sama atau hampir mirip, Tidak !! jika spesifikasi computer tidak sama, terkecuali anda hanya backup systemnya saja alias backup OS nya saja tanpa instal driver, maka bisa direstore dikomputer mana saja asalkan support WINDOS XP, terus gimana cara buat file ghost yang bisa dipakai/direstore ke banyak computer ?? yang perlu anda lakukan adalah ketika anda sudah selesai instal OS melalui Cd/Flasdisk/Hardisk, maka langsung buat saja file ghostnya atau bisa menginstal aplikasi terlebih dahulu kemudian file ghostnya.


Oke penjelasannya sudah cukup, mari kita belajar cara membuat file image ghost.


1. Siapkan Cd Hiren’s Boot CD, karena didalamnya telah diincludkan Northon Ghost atau anda siapkan cd Ghostnya saja, tapi disini saya menggunakan Hiren’s Boot Cd versi 10.5 diamana Os yang akan dibackup adalah windows 7






2. Masukan Cd Hiren’s Cd, atur booting awal di Cd kemudian tunggu sampai muncul menu di Hiren’s, pilih menu mini windows Xp karena menurut saya lebih mudah.


3.Pilih HBCD>Menu>Backup>Ghost32*





4. Pilih Ok, atau tekan enter











5. Perhatikan gambar diatas


a) Local>Disk>To Image // Untuk membuat file image dari salah satu partisi didalam hardisk


b) Local>Disk>From Image // Untuk backup atau restore dari file image kehardisk


c) Local>Partition>To Partition // Digunakn untuk backup atau merestore dari partisi ke salah satu partisi dalam satu hardisk


d) Local>Partition>To Image // Untuk membuat file image dari salah satu partisi didalam hardisk


e) Local>Partition>From Image // Membackup atau merestore partisi didalam hardisk


Setelah mengenal tentang menu dari Northon Ghost secara detail,mari kita kembalikan ke pokok pembahasan yaitu tentang bagaimana proses pembuatan file image Ghost, pilih saja Local>Partition>To Image


6. Pilih local drive atau resource yang akan dibuat file image, kemudian klik OK







7. Kemudian pilih partisi dari local drive yang telah dipilih tadi, dalam pembahasan kali ini yang dipilih adalah partisi dengan jenis file system NTFS, pilih primary E: dimana partisi tersebut berisi file system dari OS windows 7, pokonya anda harus tahu dimana letak drive/partisi yang berisi file/tersimpan OS.







8. Selanjutnya simpan file image tersebut disalah satu partisi atau Local drive, kemudian pilih save.








9. Pilih High dan tekan enter





10.. Tunggu sampai proses ini selesai, Proses ini akan memakan waktu yang lama tergantung dari besarnya partisi yang dijadikan file image.




11. Jika prose selesai, maka akan ada pesan yang muncul, Pilih continue.




12. Sekarang cek, apakah file image tersebut ada di local drive yang dijadikan tempat penyimpanan file ghost tersebut ? jika ada berarti proses pembuatan file image telah berhasil.





Posted in by ananda arie

Tidak ada komentar: